Alat- alat Laboratorium kimia

Alat- alat Laboratorium – Kali ini Oncoman akan memberikan jurus lengkap tentang macam macam alat laboratorium beserta kegunaannya yang biasa digunakan sebagai alat bantu proses penelitian berbagai macam bidang ilmu seperti kimia, farmasi, biologi dan beragam ilmu lainnya.

Alat alat laboratorium dan fungsinya

Oncoman ucapkan selamat datang kembali di tutugOncom, dalam website ini Oncomers semua akan mendapatkan beragam jurus- jurus ilmu pengetahuan yang bermanfaat dari berbagai sumber terpercaya yang telah saya Oncoman rangkum.

Berikut daftar alat- alat laboratorium beserta fungsinya

Untuk mengetahui fungsi dan pengertian dari Laboratorium bisa di cek di wikipedia

MACAM- MACAM ALAT LABORATORIUM DAN KEGUNAANNYA


1. ALAT- ALAT LABORATORIUM | LABU UKUR

fungsi alat alat laboratorium

Labu ukur atau yang sering disebut dengan (Voumetric Flask) adalah alat yang sering difungsikan sebagai alat bantu untuk keperluan pengenceran larutan sampai dengan volume tertentu sebagaimana yang tertera dalam badan labu takardan bisa juga digunakan untuk menyiakan larutan dalam kimia analitik yang konsetrasi dan dengan jumlahnya dapat diketahui dengan pasti dengan dengan keakuratan yang tinggi

Alat ini sangatlah cocok apabila digunakan untuk mengukur seseuatu karena memiliki keakuratan yang sangat tinggi karena pada bagian lehernnya terdapat sebuah lingkaran gradasi, toleransi, volume, suhu kalibrasi dan kelas gelas.

Juga pada lehernya terdapat  tanda batas yang menunjukan ukuran volume sebagaimana yang tertera pada badan labu takar.

Biasanya alat ini berwarna transparan namun ada juga yang berwarna gelap dan biasanya dilengkapi juga dengan penutup dari bahan yang tahan terhadap bahan kimia seperti polietilen.

2. ALAT- ALAT LABORATORIUM | GELAS BEAKER

fungsi alat alat laboratorium

Gelas beaker atau yang sering disebut dengan gelas piala adalah sebuah alat dengan betuk siilinder dengan alas yang datar.

Baca Juga   Satu Jam Lima ratus Kata

Fungsi dari gelas ini hanya sebatas digunakan sebagai gelas penampung, bukan digunakan untuk pengukur sehingga dalam hal ini tidaklah mengherankan skala yang terdapat dalam gelas ini mempunyai ruang yang begitu lebar.

Beaker dapat kita temukan dengan berbagai macam ukuran dari yang berukuran 25 ml sampai dengan ukuran 3 iter. Sebagian besar pembuatan alat ini biasanya menggunakan bahan borosilikat atau plastik.

Dengan bahan tersebut , maka gelas ini hanya bisa digunakan untuk jenis bahan kimia dengan sifat korosif yang terbuat dari PPTE. Untuk menjegah adanya kontaminasi atau hilangnya cairan pada saat penelitian berlangsung biasanya digunakan gelas arloji sebagai penutupnya.

3. ALAT- ALAT LABORATORIUM | BURET

fungsi alat alat laboratorium

Alat yang satu ini memiliki bentuk silindris memanjang dengan skala pada sisi luarnya dan juga terdapat semacam kran pada sisi bawah. Fungsi dari alat ini yaitu untuk keperluan kuantitatif analisis oleh karena itu alat ini dirancang dengan ketelitian tinggi.

Dalam penggunaannya buret biasa dipakai untuk titrasi yang membutuhkan presisi tinggi, namun pada keadaan tertentu dapat pual digunakan untuk mengukur volume suatu larutan.

BACA JUGA : MANFAAT KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI- HARI

Walaupun dalam perkembangannya, sudah banyak ditemukan berbagai macam alat titrasi yang sudah berbasis elektronik tapi alat ini masih selalu dipakai di banyak laboratorium karena segi harganya yang tentu saja lebih murah jika dibandingkan dengan yang sudah elektrik.

Alasan lebih murahnya yaitu bahan yang digunakan pada buret ini terbuat dari bahan plastic atau bahan kaca.

4. ALAT- ALAT LABORATORIUM | ERLENMEYER

fungsi macam macam alat laboratorium

Erlenmeyer adalah salah satu macam alat laboratorium yang fungsinya untuk mengenalisis kuantitatif secara volumetric (titrasi). Dalam melakukan proses titrasi alat ini sering dipergunakan untuk menampung laurutan yang nantinya akan dititrasi.

Baca Juga   Mengenal Arti Warna Menurut Ilmu Psikologi

Tak hanya itu alat ini juga berguna dalam mikrobiologi, yaitu digunakan untuk proses pembiakan mikroba. Bentuk dari Erlenmeyer seperti tabung dengan bagian luarnya terdapat skala yang menampilkan perkiraan volume cairan.

5. ALAT- ALAT LABORATORIUM | GELAS UKUR

fungsi alat alat laboratorium

Gelas ukur adalah alat yang berfungsi sebagai pengukur volume larutan mulai dari urutan 10 sampai 2000 ml. Alat ini memiliki bentuk seperti pipa dengan bagian bawahnya yang agak sedikit lebar ini berguna sebagai kaki untuk menopang alat ini agar dapat stabil berdiri. Pada umumnya gelas ukur terbuat dari bahan plastic atau elas( polipropilen)

6. ALAT- ALAT LABORATORIUM | CORONG PISAH

alat alat laboratorium corong pemisah

Fungsi corong pisah biasa digunakan untuk melakukan ekstraksi cair agar dapat memisahkan komponen- komponen dalam sebuah campuran antara fase pelarut dengan densitas berbeda yang tidak bercampur.

Corong pemisah mempunyai bentuk kerucut yang ditutupi setengah bola. Ia mempunyai semacam penyumbat di atasnya dan keran di bawahnya. Corong pemisah yang biasa digunakan dalam laboratorium terbuat dari kaca borosilikat dan kerannya terbuat dari kaca atau Teflon. Ukuran dari corong pemisah bermacam- macam antara 50 mL sampai 3 L

7. ALAT- ALAT LABORATORIUM | KONDENSOR KIMIA

alat alat laboratorium kondensor kimia

 

8. ALAT- ALAT LABORATORIUM | FILLER

alat alat laboratorium filler kimia

 

9. ALAT- ALAT LABORATORIUM | PIPET UKUR

alat alat laboratorium kimia pipet ukur

 

10. ALAT- ALAT LABORATORIUM | PIPET TETES

alat alat laboratorium kimia pipet tetes

 

11. ALAT- ALAT LABORATORIUM | PIPET VOLUME ATAU VOLUMETRIC

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s